Ini dia 8 penyebab timbulnya jerawat

Tumit Kering dan Pecah-Pecah?
November 28, 2018
Yuk, Kenali Jenis Kulit Wajahmu
November 29, 2018
Show all

Ini dia 8 penyebab timbulnya jerawat

Kesal ketika bangun tidur menjumpai sesuatu yang terasa gatal di sekitar wajah? Ya, ketika jerawat tumbuh menghiasi wajahmu, pastinya menjadi sesuatu yang mengganggu. Tak hanya mengganggu penampilan, terjadang jerawat mengganggu aktivitas keseharianmu. Tapi, bukan berarti dunia berakhir karena adanya si jerawat lho.. Yang terpenting, cari tahu terlebih dulu apa penyebab jerawat muncul di wajahmu.

Jerawat merupakan sebuah kondisi dimana kulit mengalami peradangan yang diakibatkan oleh produksi kelenjar minyak (sebaceous gland) yang berlebih disertai penyumbatan lemak pada kulit. Dengan demikian maka terjadilah penyumbatan pada saluran folikel (tempat tumbuhnya rambut) pori-pori kulit kemudian muncul komedo sebagai awal mula tumbuhnya jerawat. Jerawat tak hanya tumbuh di wajah, akan tetapi juga dapat timbul di bagian kulit yang berminyak, seperti hidung, pipi, dagu, dada dan punggung.

Umumnya, jerawat disebabkan oleh faktor hormon hingga kebersihan kulit. Jenis kulit berminyak juga cenderung mudah memicu timbulnya jerawat. Penanganan jerawat yang kurang tepat dapat menyebabkan masalah baru pada kulit, dari mulai infeksi hingga abses.
Nah oleh sebab itu, penting sekali kita kenali terlebih dahulu penyebab munculnya jerawat sebelum mengatasinya. Simak beberapa penyebab jerawat berikut ini :

    1. Kebersihan kulit
    2. Jangan remehkan membersihkan wajah usai beraktivitas seharian dan terlebih bagi wanita yang selalu menggunakan make-up. Rambut yang kotor serta perpindahan bakteri dari telepon genggang yang sering kita gunakan juga mempengaruhi kebersihan kulit. Kulit yang kotor dan kurang terjaga kebersihannya akan menyebabkan menumpuknya sel-sel kulit mati. Adanya sel-sel kulit mati tersebut akan menyebabkan penumpukan produksi kelenjar minyak pada kulit. Selain itu, bakteri pun mudah sekali berkembang biak di dalam kelenjar minyak yang tersumbat. Ketika sel-sel kulit mati itu bercampur dengan jumlah minyak yang sudah meningkat, maka terjadinya penyumbatan pada pori-pori yang kita kenal dengan komedo yang nantinya dapat berubah menjadi jerawat. Adanya infeksi bakteri yang berkembang biak di dalamnya akan memperparah jerawat dan dapat meninggalkan bekas noda dan luka pada wajah.

    3. Jenis kulit
    4. Jerawat tidak melulu disebabkan oleh kulit yang kurang terjaga kebersihannya, akan tetapi dipengaruhi juga oleh jenis kulit. Boleh dikatakan kurang beruntung bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak. Karena jenis kulit ini sangat aktif memproduksi kelenjar minyak yang menyebabkan tertutupnya saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.

    5. Iklim
    6. Indonesia memiliki kelembaban yang tinggi serta iklim yang sangat tropis. Kulit yang terpapar matahari akan merangsang produksi kelenjar minyak menjadi berlebih. Selain itu, polusi udara yang disebabkan oleh asap pabrik dan kendaraan juga akan memperburuk lingkungan. Kondisi ini dapat memicu tumbuhnya jerawat.

    7. Gangguan Keseimbangan Hormon
    8. Perubahan hormonal umumnya dijumpai pada remaja yang dikenal umum dengan istilah masa pubertas. Pada konsisi ini, kadar hormon testosteron akan mengalami peningkatan dan pada saat yang sama minyak yang diiproduksi oleh kelenjar minyak akan meningkat secara berlebihan melebihi yang dibutuhkan oleh kulit. Akibatnya, jerawat akan muncul. Perubahan hormonal lainnya yang menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

    9. Makanan
    10. Ada banyak jenis makanan yang dapat memoengaruhi tumbuhnya jerawat. Ada baiknya mengurangi jenis makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi, seperti kacang-kacangan, telur ayam bagian kuningnya, gorengan dan masih banyak makanan lainnya.

    11. Kosmetika
    12. Pemilihan kosmetika yang salah dan tidak tepat dengan jenis kulit bisa saja menyebabkan munculnya jerawat. Jenis kosmetika seperti pelembab, foundation dan bedak akan mudah menyumbat pori-pori wajah.

    13. Stress
    14. Stress adalah sesuatu yang tak dapat kita hindari. Akan tetapi, kita dapat me-manage stress yang berlebihan agar tidak menimbulkan banyak penyakit dalam tubuh kita, termasuk jerawat. Stres akan memicu perubahan hormonal, yakni meningkatnya kadar hormon androgen. Akibatnya komedo akan mudah tumbuh dan dapat berubah menjadi jerawat.

    15. Keturunan
    16. Beberapa studi mengatakan bahwa keturunan merupakan penyebab munculnya jerawat. Jika orang tuanya pada masa mudanya berjerawat maka dipastikan anaknya pun akan mengalami hal yang sama.

     

    Nah, sekarang sudah tau kan penyebab munculnya jerawat? Yuk, cegah dan lindungi kulit wajahmu dari penyebab munculnya jerawat. Semoga bermanfaat.

male-enhancement-pills   penis-enlargement-medicine   best-penis-enlargement-pills   male-enhancement-pills-that-work   penis-pills   best-erection-pills   penis-enlarger   penis-enlargment   best-sex-drugs   evermax-pill   penis-enlargements   hard-on-pills-that-work   enhanced-male-pills   male enhancement   penis extender   best male enhancement pills   penis enlargement medicine   best male enhancement   penis stretcher   penis enlargement pills   extenze reviews   penis extenders   sex pills   how to produce more sperm   extenze review   extenze male enhancement   male enhancement pills that work   bathmate results   male enlargement pills   male extra   extenze pills   how to increase semen volume   increase sperm volume   penis pills   volume pills   male enhancement pills that work fast   increase semen volume   bathmate before and after   best penis enlargement pills   male enhancement pill   penis enhancement   penis pump before and after   how to increase sperm volume